Kuliah dan Beasiswa Taiwan~

Ga pernah kebayang bakalan kuliah dan dapetin beasiswa ke Taiwan. Gimana enggak hampir nyerah sama mimpi ngelanjutin kuliah gara-gara ga lulus beasiswa tapi tetep kekeuh dan semangat berjuang buat ngeraih mimpi itu. Bener kata pepatah banyak jalan menuju Roma, ga lulus beberapa tes beasiswa ga membuat tekadku luntur tetap berusaha menitih jalan walaupun hampir jatuh.

Akhirnya dikasih kesempatan sama Allah untuk ikut beasiswa LPSDM in corporation with ESIT Taiwan. dan Alhamdulillah setelah ngelewatin proses yang subhanallah panjaaaaaaaaang, aku dinyatain sebagai salah satu penerima beasiswa tersebut. Nah, masalahnya adalah nyari kampus tujuan untuk dapatin LOA. okay, btw apa itu LOA? LOA itu adalah Letter of Acceptance nah LOA itu bukti kalau kita udah diterima dikampus yang udah kita daftar. Syaratnya apa aja sih buat dapetin LOA itu? hmmm setiap kampus itu punya syarat yang beda-beda tapi pada umumnya mereka bakalan minta
1. Rencana studi
2. Autobiografi
3. Ijazah dan transkrip
4. TOEFL/IELTS
Nah setiap kampus itu bakalan minta nilai TOEFL/IELTS yang beda-beda, tapi pada umumnya skornya berkisar 550 untuk TOEFL dan 5.5 untuk IELTS, begitu teman-teman. selain itu ada beberapa kampus yang meminta biaya masuk a.k.a application fee, cuma beberapa kampus loh ia ga semua kok. Udah mendatar kebeberapa kampus dan alhamdulillah semuanya lulus tapi dari semua kampus hanya satu kampus yang masuk dalam kriteria kampus idaman karena all courses taught in English. haha yang lain masih ada mandarin-mandarinnya dari pada tambah puyeng. Akhirnya pilihan jatuh ke National Taipei University, Sanxia kampus, New Taipei City. ini salah satu kampus terbesar dan ternyaman di Taiwan. Suka banget sama desain kampusnya yang menyatu dengan alam. Warna-Warna alami gedung dan pohon-pohon rindang ngebuat suasana kampus ini cocok bagi mahasiswa yang kerjaannya belajar dan butuh tempat seperti ini.





Mashaa Allah, ini bagus banget kampusnya. Ga cuma kampus sih, suasana sekitar dan orang-orangnya juga baik-baik banget. Sampe kaget kok bisa ia negara non-Muslim seramah ini. Terus ni, bukan cuma kampusnya sih, di jurusan, semua dosen itu kayanya baik banget setiap masuk kelas itu ngejelasinnya bener-bener sampe paham dan ga pelit sering ngajakin kita makan-makan. hehe









dan semuanya gratis tis tis. hahaha nah kalau suasana belajarnya gimana sih? di sini itu belajarnya ia sama kaya di Indonesia, bedanya temen-temen itu dari beberapa negara lain dan yang ngajar pastinya bukan dari Indonesia haha iya iyalah. yang ngajar itu dosen Taiwan lulusan dari Universitas di luar negeri loh, kaya Cambridge University, Washington University dan Universitas ternama lain. mereka baik banget selalu nanyain keadaan kita dan kita butuh apa.





Setelah 1 tahun lebih tinggal di negara ini, sekarang sedih banget karena tau bakalan lulus 5 bulan lagi lebih kurang. AA sedih banget. Pengen nyambung S3 lagi tapiii hahaha nanti lah ia. Segini dulu cerita-cerita tentang sekolah di Taiwannya. Inshaa Allah nanti bakalan post lagi kehidupan di Taiwan seperti apa sih. oke!

Comments

Popular Posts